Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy

May Day 2022

Yusuf Ardiansyah |  01 Mei 2022 |  11 Dilihat |  0 Comment
May Day 2022

Masyarakat internasional memeringati hari ini, Minggu, 1 Mei 2022, sebagai Hari Buruh Internasional atau dikenal juga sebagai May Day. Di Indonesia, May Day menjadi salah satu hari yang dijadikan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah. Di momen peringatan itu pula, masyarakat kelompok buruh dan pekerja biasanya menggelar aksi unjuk rasa dan menyuarakan tuntutan untuk kesejahteraan kaum buruh. Berikut sejarah yang melatarbelakangi peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei:

Sejarah Hari Buruh Internasional 1 Mei

May Day ternyata bermula dari aksi yang dilakukan oleh para buruh di Chicago AS pada abad ke-19 yang menuntut dipangkasnya jam kerja menjadi lebih pendek. Dilansir dari NPR, (30/4/2022), ketika itu kaum buruh meminta jam kerja dipersingkat menjadi 8 jam sehari, karena sebelumnya jam kerja yang ditetapkan adalah 16 jam dalam sehari. Pada 1 Mei 1886, organisasi Federasi Buruh Amerika meminta pekerja di seluruh negeri untuk mogok agar tuntutan 8 jam kerja bisa digubris dan dipenuhi. Para buruh pun mengikuti arahan dari organisasi dan melakukan mogok kerja hinggga beberapa hari lamanya. Kemudian pada 3 Mei 1886, aksi yang dilakukan para buruh itu berubah menjadi anarkis. Pihak kepolisian dituding memihak penguasa kapitalis dan menyerang buruh yang tengah menggelar aksi demonstrasi di dekat pabrik McCormick Reaper.

Sehari berikutnya, 4 Mei 1886 diadakan pertemuan di alun-alun Haymarket, Chicago, Illinois, AS. Bukan membaik, kondisi saat itu menjadi semakin menegangkan dan kembali terjadi kerusuhan berdarah.

Polisi kembali ikut turun tangan dan memicu bentrokan yang mengakibatkan tewasnya petugas dan warga sipil. Sebuah bom bahkan meledak di antara barisan polisi di tengah huru-hara, tetapi sejarawan mengatakan tidak jelas apakah bom itu ditujukan untuk polisi atau kerumunan warga sipil. Bom itu pun dikaitkan sebagai sebuah konspirasi pembunuhan, 8 orang ditetapkan sebagai tersangka, meskipun tidak ada bukti keterkaitan mereka dengan bom yang diledakkan. Tak hanya dijadikan tersangka, bahkan 4 dari 8 tersangka itu dijatuhi hukuman gantung, meski banyak protes datang dari berbagai negara. Sebelum dieksekusi mati, salah satu terpidana bernama August Spies menyampaikan pesan yang cukup menohok "Akan ada saatnya keheningan kita akan lebih kuat daripada riuhnya suara yang Anda bungkam hari ini," kata dia. Kejadian itu lantas dikenal sebagai Haymarket Affair. Untuk menghormati perjuangan para buruh di Chicago, Konferensi Sosialis Internasional pada 1889 menetapkan 1 Mei sebagai May Day dan hari libur bagi buruh, yang kemudian disebut juga sebagai Hari Buruh Internasional.



Tinggalkan Komentar


 

Gedung Olahraga JAWARA Wantilan

 12.00 - 12.00 WIB
  02 Februari 2022 - 03 Februari 2022
 

[GRATIS] Dosis 1, 2 dan 3 Vaksinasi COVID-19 Untuk Umum (Gedung Olahraga JAWARA Wantilan)
.
Program GEBYAR vaksinasi COVID-19 Puskesmas Cipeundeuy merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus Corona. Pemberian vaksin COVID-19 terbagi menjadi dua dosis. Nah, untuk mengetahui lebih jauh seputar jadwal pemberian vaksin pertama dan kedua , simak pembahasannya berikut.
.
Rabu, 3 Februari 2022
Dosis 1, 2 & 3 : (pkl 08.00 S/d Selesai).
Jenis Vaksin : Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer
.
*Syarat

  • Fotocopy KTP/KK
  • Fotocopy Kartu BPJS/KIS
  • No Hp Aktif
  • Membawa Pulpen
  • Kartu Vaksin Dosis 1 (Yang akan vaksin dosis 2)
  • Kartu Vaksin Dosis 2 (Yang akan vaksin dosis 3, minimal 6 bulan setelah dosis 2)


.
Selalu disiplin 3M (Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun), dukung 3T (Testing, Tracing dan Treatment), serta siap divaksinasi.
Lindungi Diri, Lindungi Negeri
#VaksinItuBaik #VaksinUntukNegeri #PemdesWantilan #WantilanLawanCorona

Musyawarah Desa Wantilan Tahun 2020 (MUSDES)
 Rabu, 18 November 2020 |   261 Dilihat
Musyawarah Desa Wantilan Tahun 2020 (MUSDES)
Kepala Desa Wantilan Lantik 4 RT & 1 RW Terpilih
 Rabu, 18 November 2020 |   253 Dilihat
Kepala Desa Wantilan Lantik 4 RT & 1 RW Terpilih
Komunitas Desa Wantilan Gelar Galang Donasi Untuk Aisyah
 Rabu, 25 November 2020 |   170 Dilihat
Komunitas Desa Wantilan Gelar Galang Donasi Untuk Aisyah
HARI GURU NASIONAL 2020
 Rabu, 25 November 2020 |   153 Dilihat
HARI GURU NASIONAL 2020
MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) TP.PKK DESA WANTILAN
 Jumat, 27 November 2020 |   715 Dilihat
MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) TP.PKK DESA WANTILAN